Popular Post

Popular Posts

Posted by : maulanahutagalung Rabu, 30 Agustus 2017

  1. 1
    Muat turun dan instalasi Stencyl. Stencyl merupakan program pembuatan game yang tidak membutuhkan pengetahuan coding apapun. Anda bisa menggunakan berbagai peralatan logika untuk memanipulasi objek dalam game.
    • Stencyl bisa digunakan bebas biaya hanya jika Anda ingin menerbitkan game Anda online. Versi gratis akan memiliki logo Stencyl yang muncul di awal. Jika Anda mendapatkan versi berbayar, Anda bisa menerbitkan ke platform lain.
  2. Gambar berjudul Make Online Games Step 5
    2
    Buat game baru Anda. Saat Anda memulai Stencyl, Anda akan diperlihatkan daftar game Anda. Akan ada beberapa contoh game pada daftar yang bisa Anda lihat untuk melihat cara kerjanya. Untuk mulai mengerjakan game Anda, klik kotak dengan garis titik berlabel "Click here to create new Game” (“Klik disini untuk membuat Game baru”).
  3. Gambar berjudul Make Online Games Step 6
    3
    Pilih kit. Ada beberapa kit yang mengandung aset dan objek siap jadi yang bisa membantu Anda cepat membangun dan menjalankan game Anda. Pilih kit jika Anda mau, atau pilih “Blank Game” (Game Kosong)
    • Anda bisa memuat turun kit yang dibuat oleh pengguna lain online.
  4. Gambar berjudul Make Online Games Step 7
    4
    Masukkan informasi game Anda. Sebelum Anda mulai membangun game Anda, Anda perlu memasukkan beberapa informasi.
    • Nama – Ini merupakan nama game Anda. Anda bisa mengganti ini nanti menjadi apapun yang Anda inginkan.
    • Ukuran layar – Ini merupakan ukuran layar Anda, dan sangat penting karena ini akan mempengaruhi seni yang Anda gunakan. Karena biasanya orang akan memainkan game Anda dengan penelusur web mereka, ukuran layar tidak harus begitu besar. Cobalah Lebar: 640 px Tinggi: 480 px. Ini merupakan ukuran bagus untuk memulai.
  5. Gambar berjudul Make Online Games Step 8
    5
    Kenali tata letak. Saat Anda pertama memuat game Anda, Anda akan dibawa ke Dashboard. Inilah dimana Anda bisa melihat semua adegan untuk game Anda dan mengakses sumber apapun. Anda juga bisa mengubah pengaturan game Anda dari sini. Anda akan menghabiskan kebanyakan waktu Anda bekerja dalam Dashboard.
    • Scene (Adegan) – Ini adalah jendela utama Dashboard, dan menunjukkan game sebenarnya serta semua asset. Game Anda akan menjadi koleksi adegan.
    • Resources (Sumber )– Ini merupakan daftar semua objek dan asset dalam game Anda. Ini termasuk actor, latar belakang, font, adegan, logika, bunyi, dan tileset. Sumber diatur pada pohon di sebelah kiri layar.
    • Settings (Pengaturan) – Opsi Game & Settings membolehkan Anda menyesuaikan bagaimana mekanik game Anda bekerja, termasuk kontrol, gravitasi, tabrakan, memuat layar, dan lainnya.
  6. Gambar berjudul Make Online Games Step 9
    6
    Buat actor. Aktor merupakan objek apapun yang bergerak atau bisa diajak interaksi dalam game (pemain, musuh, pintu, dll.) Anda akan perlu membuat actor untuk tiap objek dalam game Anda. Untuk membuat actor, klik opsi “Actor Types” (Tipe Aktor) pada menu Resources (Sumber). Pilih Aktor yang Anda inginkan dari daftar (daftar ditentukan dari kit yang Anda pilih).
    • Pasang actor pada Grup (Pemain, Musuh). Ini akan membantu menentukan properti tabrakan aktor tersebut. Pilih aktor Anda untuk membuka Actor Editor (Penyunting Aktor). Lalu klik tab Properties, dan pilih grup yang sesuai dari menu yang jatuh ke bawah.
    • Pilih kelakuan (melompat, menginjak, berlajan). Kelakuan adalah apa yang membolehkan aktor Anda untuk melakukan sesuatu. Klik tak Behaviors (Kelakuan), dan klik tombol “+ Add Behavior” (Tambah Kelakuan) di ujung bawah sebelah kiri. Piih kelakuan (seperti “Berjalan”) dari daftar, lalu klik “Choose” (Pilih).
    • Atur kontrol. Jika Anda membuat karakter pemain, Anda akan ingin membolehkan pemain untuk menggerakkannya. Saat Anda menambahkan kelakuan Berjalan, Anda akan dibawa ke layar atribut Berjalan. Anda bisa menggunakan menu untuk memilih kunci apa yang akan menggerakkan aktor ke kiri dan kanan. Anda bisa memasang animasi juga jika kit yang Anda gunakan mengandungnya.
    • Anda bisa menambah banyak kelakuan dan mengatur apa yang bisa dilakukan aktor.
  7. Gambar berjudul Make Online Games Step 10
    7
    Buat adegan. Adegan adalah apa yang dilihat pemain saat memainkan game. Ini merupakan latar belakang, dan juga objek dan aktor apapun yang terlihat. Untuk membuat adegan baru, klik opsi Scenes (Adegan) pada pohon Resources (Sumber), lalu klik kotak bergaris. Berikan adegan baru Anda nama untuk meneruskan.
    • Background (Latar Belakang) – Adegan Anda akan diberi ukuran secara otomatis, jadi Anda tidak perlu khawatir mengenai itu untuk sekarang. Anda bisa memilih untuk menggunakan warna sebagai latar belakang, yang akan diberikan ubin di atasnya. Anda juga bisa memilih dari warna solid atau gradient. Klik “Create” (Buat) setelah selesai. Ini akan membuka Scene Designer (Perancang Adegan).
    • Letakkan tile (ubin) – Tileset yang termasuk dalam kit Anda akan dimuat pada sebelah kanan jendela. Klik alat Pensil pada menu kiri, lalu klik ubin yang ingin Anda gunakan. Anda lalu bisa meletakkan ubin pada adegan Anda. Klik dan geser dengan mouse untuk melatakkan ubin ganda.
    • Meletakkan aktor. Klik tab Actors (Aktor) di atas tileset Anda untuk beralih ke aktor Anda yang tersedia. Anda harus membuatnya sebelumnya agar bisa muncul dalam daftar ini. Klik aktor yang ingin Anda letakkan, dan klik pada adegan dimana Anda ingin ia muncul. Jika Anda menekan  Shift, aktor akan berpindah kesana.
    • Menambahkan gravitasi. Klik tab “Physics” (Fisika) pada atas jendela, lalu masukkan nilai ke dalam kotak “Gravity (Vertical)”. Memasukkan 85 akan mensimulasikan gravitasi bumi nyata.
  8. Gambar berjudul Make Online Games Step 11
    8
    Uji game. Setelah Anda membuat adegan dan meletakkan beberapa aktor, Anda bisa menguji game. Klik tombol “Test Game” pada atas layar untuk memainkan apa yang kini sudah Anda buat. Anda bisa menggunakan kunci yang Anda atur untuk mengontrol karakter pemain Anda.
    • Cari aspek apapun yang tidak bekerja, dan cobalah memperbaikinya. Contohnya, apakah musuh berkelakuan dengan benar? Apakah Anda bisa mengalahkan musuh? Apakah ada platform yang tidak bisa dicapai atau jurang yang tidak bisa dilintasi? Kembalilah ke area relevan penyunting game Anda untuk memperbaiki masalah apapun yang Anda temukan. Ini mungkin memakan sedikit waktu, namun hasil akhirnya akan lebih menyenangkan dan mudah dimainkan.
  9. Gambar berjudul Make Online Games Step 12
    9
    Tambahkan lebih. Kini Anda memiliki adegan yang bekerja dan bisa dimainkan, sekarang waktunya membangun seluruh game. Tambahkan tingkat dan tantangan, dan terus uji tambahan Anda untuk memastikan ia menyenangkan dan bekerja dengan benar.
  10. Gambar berjudul Make Online Games Step 13
    10
    Site Lock game Anda. Jika Anda akan mengunggah game pada situs yang menampung game Flash, atau menunggah ke situs Anda sendiri, Anda sebaiknya menggunakan “Site Lock”. Ini akan mencegah game Anda dimainkan jika tidak berada pada daftar situs yang diperbolehkan.
    • Buka “Game Settings” dari pohon “Resources” Anda. Pilih bagian “Loader”. Masukkan situs yang Anda perbolehkan ke dalam kotak “Site Lock”, dipisahkan dengan koma dan tanpa spasi. Contohnya,newgrounds.com,kongregate.com.
    • Selagi masih pada layar ini, masukkan halaman rumah Anda ke dalam kotak “Your Home Page” (Halaman Rumah Anda”, jika Anda memilikinya. Ini akan membolehkan pemain yang memainkan game Anda terkait pada situs Anda/
  11. Gambar berjudul Make Online Games Step 14
    11
    Ekspor game sebagai Flash. Setelah Anda puas dengan game Anda, Anda bisa mengekspornya menjadi format Flash. Ini akan membolehkan Anda mengunggah game ke situs yang menampung game Flash, atau ke situs web Anda sendiri. Klik ‘’’Publish’’’ (Terbitkan) pilih “Web” lalu klik “Flash”. Simpan file pada lokasi yang mudah ditemukan di komputer Anda.
  12. Gambar berjudul Make Online Games Step 15
    12
    Terbitkan game. Setelah Anda memiliki file Flash (.SWF), Anda bisa mengunggahnya pada situs pilihan Anda. Ada beberapa situs online yang menampung game Flash, dan beberapa bahkan mungkin membolehkan Anda mendapatkan uang dari penghasilan iklan. Anda juga bisa mengunggah game pada situs web Anda sendiri, namun Anda sebaiknya memastikan bahwa Anda memiliki bandwidth untuk menampung pemain jika game menjadi populer.
    • Lihat panduan ini untuk mengunggah game pada situs web Anda sendiri.
    • Jika Anda ingin mengunggah game Anda ke situs seperti Newgrounds atau Kongregate, Anda perlu membuat akun lalu melalui proses pengunggahan untuk situs tersebut. Ketentuan akan bervariasi untuk tiap situs.
    • Jika Anda ingin menerbitkan game Anda ke Stencyl Arcade, Anda bisa melakukannya dari dalam program Stencyl. Klik ‘’’Publish’’’ pilih “Stencyl” lalu klik “Arcade”. Game akan secara otomatis terunggah, jadi pastikan Anda puas dengan namanya sebelum melakukan ini. Stencyl Arcade memiliki batas ukuran file MB.[1

{ 3 komentar... read them below or Comment }

  1. Hy gan saya udah donwload aplikasinya stencyl tapi masih agak bingung saya gan tentang tencyl saya kurang lengkap saya tadi liat tutorial vidionya kok ada yg gak ada di punya saya mohon bantuannya ya gan. Kalo bisa ajarin saya gan ini Facebook saya gan namanya kadek yase lokasinya singaraja gan. Makasi selumnya ya gan mohon invet facebook saya ya gan ada yg mau saya tanyaain anggep aja agan bagi bagi ilmu atau sedekah ke saya ibaratnya begitu gan

    BalasHapus
  2. Hy gan saya udah donwload aplikasinya stencyl tapi masih agak bingung saya gan tentang tencyl saya kurang lengkap saya tadi liat tutorial vidionya kok ada yg gak ada di punya saya mohon bantuannya ya gan. Kalo bisa ajarin saya gan ini Facebook saya gan namanya kadek yase lokasinya singaraja gan. Makasi selumnya ya gan mohon invet facebook saya ya gan ada yg mau saya tanyaain anggep aja agan bagi bagi ilmu atau sedekah ke saya ibaratnya begitu gan

    BalasHapus
  3. Bisa gak gan stencyl buat game domino qiu qiu

    BalasHapus

- Copyright © lana - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -