Popular Post

Popular Posts

Posted by : maulanahutagalung Rabu, 15 November 2017

CARA MUDAH MEMASANG JARINGAN UTUK MEMBUKA WARNET
Selamat Datang Sob di blog maulan hutagalung semoga artikelnya bermanfaat ya 😄.

Hasil gambar untuk jaringan warnet

Bismillahirrohman nirrohiim, ada baiknya setiap kita melakukan segala sesuatu tidak lupa membaca basmalah , termasuk membaca agar informasi yang terserap menjadi ilmu yang bermanfaat,
bagi mas bro yang berminat membuka usaha kecil-kecilan seperti warnet , ya cukup sisihkan uang jajan sekitar 30 jutaan untuk membeli perangkat komputer terbaru maupun second atau biar lebih hemat menggunakan N-Computing , tetapi resikonya lebih guede dari pada PC biasa.

Baca : Pengertian N-Computing
Kemudian sebelum kita memulai untuk melakukan setting warnetnya ,berikut adalah kebutuhan yang harus disiapkan seperti yang tercantum pada gambar diatas , alhamdulillah gambarnya udah di buat lumayan Komplit.

§  Yang Pertama Kita butuh ruangan untuk mengisi peralatan warnetnya
Untuk masalah ruangan ini tergantung keinginan masing-masing aja sob mau di susun seperti apa meja dan peralatannaya, hal yang terpenting peralatan komputer bisa terjaga dengan aman dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. serta kerapian ruangan juga sangan di butuhkan agar konsumen betah dan keamanan dalam berselancar dan bahaya listrik harus menjadi prioritas 


Hasil gambar untuk warnet
§  Yang Kedua 
Butuh jaringan internet , ya minimal yang sering terdengar dan ditelinga kita yaitu Speedy dan Indihome,  silahkan mas bro pesan sesuai kebutuhan warnet yang akan kita bangun. di khususkan untuk para gamer atau para bro - bro yang suka berselancar sekedar cari info seperti 
" Cara memasang dan Instalasi Warnet
Hasil gambar untuk indihome
§  Untuk Modem ADSL biasaya sudah free bisa kita dapatkan dari pihak ISP yang menyediakan layanan internet.

Hasil gambar untuk modem
§   Perangkat Komputer SERVER Dan CLIENT , Untuk komputer server di usahakan untuk membeli spesifikasinya lebih tinggi di bandingkan client, atau bisa di setarakan jika memang ingin membangun warnet yang hight-end.
§  Hub / SWITHCH  ( Pembagi Jaringan ) Untuk HUB tersedia berbagai macam rasa hehe maksudnya merk yang tersedia. ada D-LINK , TP-LINK, DLL

Advertiser
Hasil gambar untuk switch d-link
Fungsi HUB adalah untuk membagi jaringan ke Masing-Masing Client

Oke kita mulai merakit dan mengatur jaringanya ,
Untuk koneksi internet biasanya para pelanggan sudah bisa langsung menggunaannya, karena telah di set dari penyedia jasa layanan internet tersebut. jadi tidak perlu repot-repot mas bro , tetapi jika mas bro sekalian mau settingan IP nya beda bisa langsung masuk ke admin Modem ADSL nya.


§  Langkah Pertama , Pasangkan kabel LAN dari modem ADSL ke Hub Pada urutan 1 , ini merupakan gateway yang bisanya mendapatkan IP default 192.168.1.1 ( Bisa di lihat langsung di gambar yang pertama.
§  Langkah Kedua , pasangkan  kabel Lan dari HUB Lan no 2  > Ke Server , biasanya hub terkini sudah mengatur IP secara otomatis . tapi ada baiknya  pada server kita  setting seperti gambar berikut ini.



SETTING IP SERVER MENJADI 192.168.1.100
§  Nah Untuk Seterusnya tinggal kabel ke komputer Client.  Untuk komputer client bisa kita mulai dengan dengan IP 192.168.1.2 gatewaynya tetap 192.168.1.1 karena itu ip dari modem ADSL nya.



§  Catatan usahakan Settingan pada Client Sama seperti gambar , tinggal merubah IP adressnya saja. Detail  
"Client 1     192.168.1.2  |  client2   192.168.1.4 | client3 192.168.1.5   dan seterusnya."

Fungsi memasang ip setiap komputer agar tidak terjadi bentrok IP / Biasanya ditandakan dengan tanda seru pada icon LAN.

INSTALASI BILING
selanjutnya kita ke proses instalasi biling warnet sobat , Biling warnet ada yang free seperti handycaffe  tinggal download aja dan yang berbayar Adalah biling exploler . tapi banyak crack tersedia.
inti dari instalasi software ini hanya terletak pada pilihan . karena pada saat instalasi kita tinggal memilih Untuk SERVER atau CLIENT  dan tinggal mengkonfigurasi ip Server pada masing-masing komputer client.
hal yang sangat mutlak adalah setting biaya biling , ini adalah wajib tergantung keingin anda menentukan tarif pada warnet anda.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © lana - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -